Cara Memasarkan produk Online

Cara Memasarkan Produk Online

Produk

Cara Memasarkan Produk online haruslah mempunyai strategi yang jitu untuk menghadapi persaingan produk kita yang ingin dipasarkan di dunia internet secara online.
Apa saja strategi yang harus kita miliki?
Memiliki Strategi Pemasaran

Produk harus memiliki empat jenis strategi atau cara untuk bersaing untuk menghasilkan uang di pasar online yaitu :


1. Strategi Internasional (International Strategy)
Cara Memasarkan Produk online ini menciptakan suatu nilai yang unggul dari pesaing dengan transfer keahlian dan produk yang bernilai kepada pasar asing, dimana dibidang ini merupakan kelemahan pesaing dan kompetensi inti ini tidak dimiliki oleh pesaing.


2. Strategi Multidomestik ( Multidomestic Strategy)
Dalam strategi lini, Produk secara online melakukan kustomisasi terhadap produk dan strategi pemasarannya kearah kondisi nasional yang berbeda dimana value creation juga diciptakan pada kegiatan produksi, pemasaran, R&D (penelitian & pengembangan) di setiap calon pembeli yang dijadikan pasar produk kita.


3. Strategi Global
Cara Memasarkan Produk online global memusatkan pada peningkatan laba, dimana lebih mengarahkan pada standarisasi kualitas produk secara global, dan tidak melakukan penyesuaian produk terhadap kondisi lokal, karena menggunakan strategi low cost sehingga mendapatkan laba yang maksimal.


4. Strategi Transnasional
Cara Memasarkan Produk online ini mencoba mencapai semua strategi yang ada untuk mendapatkan solusi untuk semua masalah. Dimana Produk melakukan pengurang biaya atas kondisi lokal dan juga transfer kompetensi inti serta tekanan lokal. Jadi cara menghasilkan uang secara online berusaha untuk mengurangi tekanan pengurangan biaya dan tekanan local responsiveness yang tinggi secara bersama dan juga melakukan diferensiasi.


Masing-masing cara mempunyai kelebihan dan kekurangan. Untuk itu, kita sebagai Penjual harus bisa memilih strategi yang tepat untuk berbagai kondisi dengan pertimbangan tekanan pengurangan biaya dan tekanan local responsiveness yang dihadapi.

Bentuk-Bentuk Saluran Pemasaran

Menurut Kotler (dalam Buchari Alma, 2007:49), Saluran pemasaran adalah lembaga yang saling berkait untuk menjadikan produk secara online atau jasa siap digunakan.Tanpa Saluran distribusi yang efektif, maka sulit bagi konsumen untuk memperoleh barang yang mereka konsumsi.Jadi adalah tugas saluran pemasaran untuk memindahkan barang dari produsen ke konsumen.

Bagi penjual online menggunakan saluran pemasaran bebas akan sangat bermanfaat,terlebih dengan menggunakan Pemendek URL,karena saluran pemasaran ini akan berfungsi sebagai :

1)  Pemberi informasi tentang keadaan lapangan, daya saing, penerimaan konsumen, selera konsumen, dsb.

2) Penyalur dapat mengadakan promosi yang turut membantu kelancaran pemasaran, atau produsen mengadakan promosi sendiri, yang sangat membantu usaha penyalur.

3) Negosiasi, dilakukan oleh penyalur dengan pihak konsumen, tentang harga, sistem penyaluran, dsb

4)   pembiayaan dilakukan sendiri oleh penyalur dan dalam beberapa hal dapat bekerja sama dengan produsen dengan penyediaan kredit perdagangan.

5)  Unsur resiko dipikul sendiri oleh pihak penyalur, kecuali ada perjanjian khusus dalam hal barang kadaluarsa, barang rusak.

6) sistem pengg udangan barang dilaksanakan oleh pihak penyalur.

7)  Sistem transportasi, dibawa langsung oleh pihak penyalur atau diantar sesuai dengan perjanjian antara produsen dengan penyalur.

Pemilihan saluran distribusi eksklusif ini digunakan oleh barang-barang khusus untuk konsumen tertentu.hanya konsumen tertentu yang datang berbelanja ke penyalur eksklusif, dan jumlahnya sangat terbatas pada suatu daerah, misalnya penyaluran Laptop atau Komputer Rakitan.

Penyalur selektif, yaitu penyalur yang telah dipilih berdasarkan kriteria tertentu, seperti besarnya modal, bangunan gudang, kendaraan, dsb.seperti AC, TV, Kulkas, mesin cuci, dsb.

Penyaluran intensif, ini digunakan untuk barang-barang yang banyak dikonsumsi, seperti odol, sikat gigi, alat tulis, dsb. Untuk menyalurkan barang-barang dari produsen ke konsumen ada beberapa cara:

Penyaluran langsung dari produsen ke konsumen.
Ada produsen atau I-RT, menyalurkan barang langsung ke konsumen.hal ini sulit dilakukan oleh industri besar.
Penyaluran semi langsung dalam hal ini ada satu perantara yaitu menggunakan saluran perdagangan eceran.
Penyaluran tak langsung, melalui lebih dari satu perantara.

Hal yang harus anda ketahui untuk lebih menguasai tentang strategi produk,anda bisa juga mengikuti materi diklat di Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri yang akan memberi bimtek untuk meningkatkan kualitas sumber daya Manusia.
]]]]]]> ]]]]> ]]>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *